Gimana Cara Menghilangkan Iklan Di Android

Gimana Cara Menghilangkan Iklan Di Android

Gimana Cara Menghilangkan Iklan Di Android – Halo pembaca setia! Apa yang akan Anda lakukan ketika sedang asyik memainkan game atau membaca berita di ponsel Android Anda, tiba-tiba muncul iklan yang mengganggu? Mungkin sebagian dari Anda akan merasa kesal dan ingin segera menghilangkan iklan tersebut. Nah, kali ini saya akan memberikan tips tentang gimana cara menghilangkan iklan di Android dengan mudah dan efektif.

Tidak bisa dipungkiri bahwa iklan di Android bisa sangat mengganggu, terutama ketika sedang melakukan aktivitas penting. Selain mengganggu, iklan juga bisa memakan banyak kuota internet kita. Namun, jangan khawatir, sekarang ada banyak cara untuk menghilangkan iklan di Android. Simak artikel ini sampai tuntas ya, karena saya akan memberikan beberapa tips dan trik efektif untuk menghilangkan iklan di Android. Yuk, langsung saja kita mulai!

Gimana Cara Menghilangkan Iklan Di Android

Android, sistem operasi ponsel yang populer digunakan saat ini, memiliki fitur yang memungkinkan penggunaannya menjadi lebih baik. Namun, terkadang pengguna merasa terganggu dengan iklan yang muncul, baik saat membuka aplikasi atau menjelajah di internet. Jika kamu ingin tahu bagaimana cara menghilangkan iklan di Android, yuk simak artikel ini!

Menggunakan Aplikasi AdBlocker

Aplikasi AdBlocker dapat membantu kamu menghilangkan iklan di Android. Beberapa aplikasi AdBlocker seperti AdGuard, AdBlock Plus, dan Block This! dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Setelah diinstal, aplikasi akan memblokir iklan yang muncul di berbagai aplikasi dan situs web.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan AdBlocker dapat mempengaruhi pendapatan pengembang aplikasi atau pemilik situs web. Jadi, gunakanlah dengan bijak dan pertimbangkan untuk mendukung mereka dengan menonaktifkan AdBlocker pada situs web atau aplikasi yang kamu sukai.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Mode Pesawat dapat membantu kamu menghilangkan iklan di Android. Ketika kamu mengaktifkan mode pesawat, maka semua jaringan seluler dan Wi-Fi akan terputus, sehingga iklan tidak dapat dimuat. Namun, kamu juga tidak bisa menerima panggilan atau mengirim pesan saat berada di mode pesawat. Pastikan kamu hanya mengaktifkannya saat tidak membutuhkan koneksi internet.

Menggunakan Browser yang Memiliki Fitur Anti-Tracking

Banyak browser yang memiliki fitur anti-tracking, seperti Firefox, Brave, atau DuckDuckGo. Fitur ini dapat membantu kamu menghilangkan iklan di Android dengan memblokir pelacak atau cookie yang digunakan oleh situs web untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan minatmu.

Selain itu, browser ini juga dapat memblokir iklan secara langsung, sehingga kamu dapat menjelajah di internet dengan lebih nyaman tanpa terganggu oleh iklan yang muncul.

Menggunakan VPN

VPN atau Virtual Private Network dapat membantu kamu menghilangkan iklan di Android. Beberapa VPN seperti NordVPN atau ExpressVPN memiliki fitur ad-blocking yang dapat memblokir iklan di berbagai aplikasi dan situs web.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan VPN dapat mempengaruhi kecepatan internet kamu. Jadi, pastikan kamu memilih VPN yang dapat memberikan kecepatan internet yang memadai.

Mengaktifkan Mode Pengembang

Mode Pengembang dapat membantu kamu menghilangkan iklan di Android. Aktifkan Mode Pengembang dengan cara masuk ke Pengaturan > Tentang Ponsel > Pilih Nomor Build beberapa kali sampai muncul notifikasi bahwa kamu telah masuk ke Mode Pengembang.

Setelah itu, kamu dapat memilih opsi “Menonaktifkan Iklan” atau “Nonaktifkan Iklan di Aplikasi” untuk memblokir iklan di aplikasi atau situs web.

Menggunakan DNS yang Memiliki Fitur Ad-Blocking

DNS atau Domain Name System dapat membantu kamu menghilangkan iklan di Android. Beberapa DNS seperti AdGuard DNS atau Cloudflare DNS memiliki fitur ad-blocking yang dapat memblokir iklan di berbagai aplikasi dan situs web.

Untuk mengubah DNS di Android, masuk ke Pengaturan > Jaringan & Internet > Wi-Fi > Tekan dan tahan jaringan Wi-Fi yang sedang terhubung > Ubah jaringan > Tunjukkan opsi lanjutan > Pilih Pengaturan IP > Pilih Statis > Masukkan DNS yang ingin kamu gunakan.

Membeli Versi Berbayar dari Aplikasi atau Game

Jika kamu merasa terganggu dengan iklan yang muncul di aplikasi atau game favoritmu, kamu dapat membeli versi berbayar dari aplikasi atau game tersebut. Versi berbayar biasanya tidak memiliki iklan dan memiliki fitur tambahan yang tidak tersedia di versi gratis.

Pastikan kamu membeli dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau App Store untuk menghindari penipuan atau malware yang dapat merusak ponsel kamu.

Menggunakan Browser dengan Mode Penjelajahan Pribadi

Mode Penjelajahan Pribadi atau Private Browsing dapat membantu kamu menghilangkan iklan di Android. Ketika kamu berada di mode ini, browser tidak akan menyimpan riwayat, cookie, atau cache yang dapat digunakan oleh situs web untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan minatmu.

Banyak browser yang memiliki fitur ini, seperti Chrome, Firefox, atau Safari. Kamu dapat mengaktifkannya dengan cara masuk ke menu browser dan pilih opsi “New Private Tab” atau “New Incognito Tab”.

Menggunakan Aplikasi Pemblokir Iklan yang Dapat Ditanamkan di Browser

Banyak aplikasi pemblokir iklan yang dapat ditanamkan di browser seperti AdBlock atau uBlock Origin. Aplikasi ini dapat membantu kamu menghilangkan iklan di Android dengan memblokir iklan yang muncul di situs web.

Untuk mengaktifkan aplikasi ini, kamu perlu mengunduhnya dari toko aplikasi resmi dan mengaktifkannya di pengaturan browser yang sedang kamu gunakan.

Menggunakan Aplikasi VPN yang Dapat Memblokir Iklan

Beberapa aplikasi VPN seperti Windscribe atau ProtonVPN memiliki fitur pemblokir iklan yang dapat memblokir iklan di berbagai aplikasi dan situs web.

Setelah mengunduh aplikasi VPN dari toko aplikasi resmi, aktifkan fitur pemblokir iklan pada pengaturan aplikasi dan nikmati pengalaman menjelajah yang lebih nyaman tanpa terganggu oleh iklan yang muncul.

Menggunakan Aplikasi atau Game yang Tidak Memiliki Iklan

Jika kamu merasa terganggu dengan iklan yang muncul di aplikasi atau game, kamu dapat mencari alternatif aplikasi atau game yang tidak memiliki iklan. Beberapa aplikasi atau game seperti Nova Launcher atau Monument Valley dapat diunduh secara gratis tanpa iklan atau dengan fitur tambahan yang tidak tersedia di versi gratis.

Pastikan kamu mengunduh dari toko aplikasi resmi dan membaca ulasan dari pengguna sebelum mengunduh aplikasi atau game tersebut.

Menghapus Aplikasi atau Game yang Menampilkan Iklan

Jika kamu merasa terganggu dengan iklan yang muncul di aplikasi atau game, kamu dapat menghapus aplikasi atau game tersebut dari ponsel kamu. Pastikan kamu membackup data penting sebelum menghapus aplikasi atau game.

Tetapi, perlu diingat bahwa menghapus aplikasi atau game dapat mempengaruhi kebiasaan kamu dalam menggunakan ponsel dan dapat memengaruhi pendapatan pengembang aplikasi atau pemilik game.

Menggunakan Aplikasi Pembersih Ponsel

Aplikasi pembersih ponsel seperti CCleaner atau AVG Cleaner dapat membantu kamu menghilangkan iklan di Android. Aplikasi ini dapat membersihkan file sementara, cache, dan file yang tidak digunakan lainnya yang dapat memengaruhi performa ponsel kamu.

Dengan membersihkan file yang tidak digunakan, aplikasi pembersih ponsel dapat membantu mengurangi jumlah iklan yang muncul di ponsel kamu.

Menggunakan Aplikasi Pemblokir Iklan yang Dapat Ditanamkan di Sistem

Beberapa aplikasi pemblokir iklan seperti AdAway atau DNS66 dapat ditanamkan di sistem ponsel kamu untuk memblokir iklan secara permanen.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi ini memerlukan akses root pada ponsel kamu dan dapat memengaruhi performa ponsel kamu. Jadi, pastikan kamu tahu risiko dan keuntungan dari menggunakan aplikasi pemblokir iklan yang ditanamkan di sistem.

Menggunakan Aplikasi Pemblokir Iklan yang Dapat Ditanamkan di Jaringan

Beberapa aplikasi pemblokir iklan seperti Pi-hole atau AdGuard Home dapat ditanamkan di jaringan Wi-Fi kamu untuk memblokir iklan di semua perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut.

Setelah mengunduh aplikasi dan mengikuti panduan instalasi, aplikasi ini dapat membantu kamu menghilangkan iklan di Android dan perangkat lainnya yang terhubung ke jaringan Wi-Fi kamu.

Menggunakan Aplikasi Pemblokir Iklan yang Dapat Ditanamkan di Router

Beberapa aplikasi pemblokir iklan seperti AdGuard atau Merlin dapat ditanamkan di router Wi-Fi kamu untuk memblokir iklan di semua perangkat yang terhubung ke router tersebut.

Setelah mengunduh aplikasi dan mengikuti panduan instalasi, aplikasi ini dapat membantu kamu menghilangkan iklan di Android dan perangkat lainnya yang terhubung ke router Wi-Fi kamu.

Menggunakan Aplikasi Pemblokir Iklan yang Dapat Ditanamkan di DNS

Beberapa aplikasi pemblokir iklan seperti Pi-hole atau AdGuard Home dapat ditanamkan di DNS kamu untuk memblokir iklan di semua perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut.

Setelah mengunduh aplikasi dan mengikuti panduan instalasi, aplikasi ini dapat membantu kamu menghilangkan iklan di Android dan perangkat lainnya yang terhubung ke jaringan Wi-Fi kamu.

Menggunakan Browser yang Memiliki Fitur Anti-Phishing

Fitur Anti-Phishing dapat membantu kamu menghindari situs web yang mencurigakan atau berisi malware yang dapat merusak ponsel kamu. Banyak browser seperti Chrome, Firefox, atau Safari memiliki fitur ini yang dapat diaktifkan di pengaturan browser.

Setelah diaktifkan, browser akan memblokir situs web yang dicurigai atau berisi malware dan memberikan peringatan kepada pengguna.

Menggunakan Aplikasi Keamanan yang Memiliki Fitur Pemblokir Iklan

Beberapa aplikasi keamanan seperti Norton atau McAfee memiliki fitur pemblokir iklan yang dapat memblokir iklan di berbagai aplikasi dan situs web.

Setelah mengunduh aplikasi keamanan dari toko aplikasi resmi, aktifkan fitur pemblokir iklan pada pengaturan aplikasi dan nikmati pengalaman menjelajah yang lebih nyaman tanpa terganggu oleh iklan yang muncul.

Menggunakan Aplikasi untuk Memblokir Nomor yang Tidak Dikenal

Jika kamu sering menerima panggilan atau pesan dari nomor yang tidak dikenal atau spam, kamu dapat menggunakan aplikasi untuk memblokir nomor tersebut. Beberapa aplikasi seperti Truecaller atau Mr. Number dapat membantu kamu mengidentifikasi nomor yang tidak dikenal dan memblokirnya.

Pastikan kamu memilih aplikasi yang terpercaya dan membaca ulasan dari pengguna sebelum mengunduh aplikasi tersebut.

Mengaktifkan Opsi “Opt-Out” pada Pengaturan Iklan

Banyak aplikasi atau situs web memiliki opsi “Opt-Out” pada pengaturan iklan yang memungkinkan kamu untuk memilih untuk tidak menerima iklan yang sesuai dengan minatmu atau memilih untuk tidak menerima iklan sama sekali.

Untuk mengaktifkan opsi ini, masuk ke pengaturan iklan di aplikasi atau situs web yang sedang kamu gunakan dan pilih opsi “Opt-Out” atau “Do Not Sell My Personal Information”.

Menggunakan Aplikasi Pencari Promo atau Diskon

Jika kamu suka berbelanja online dan ingin menghindari iklan yang muncul saat berbelanja, kamu dapat menggunakan aplikasi pencari promo atau diskon seperti Agoda atau Traveloka. Aplikasi ini dapat membantu kamu menemukan promo atau diskon untuk produk atau layanan yang kamu butuhkan tanpa terganggu oleh iklan yang muncul.

Pastikan kamu memilih aplikasi yang terpercaya dan membaca ulasan dari pengguna sebelum mengunduh aplikasi tersebut.

Menggunakan Aplikasi untuk Membatasi Penggunaan Aplikasi atau Game

Jika kamu ingin mengurangi penggunaan aplikasi atau game yang menampilkan iklan, kamu dapat menggunakan aplikasi untuk membatasi penggunaan aplikasi atau game tersebut. Beberapa aplikasi seperti AppBlock atau Offtime dapat membantu kamu mengatur batasan waktu penggunaan aplikasi atau game.

Pastikan kamu memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan membaca ulasan dari pengguna sebelum mengunduh aplikasi tersebut.

Menggunakan Aplikasi untuk Mengatur Kecanduan Ponsel

Jika kamu merasa kecanduan dengan ponsel dan ingin mengurangi penggunaannya, kamu dapat menggunakan aplikasi untuk mengatur kecanduan ponsel. Beberapa aplikasi seperti StayFocused atau Forest dapat membantu kamu mengatur waktu penggunaan ponsel dan membatasi waktu kamu untuk tidak menggunakan ponsel.

Pastikan kamu memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan membaca ulasan dari pengguna sebelum mengunduh aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk menghilangkan iklan di Android, mulai dari menggunakan AdBlocker hingga mengaktifkan Mode Pengembang. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan AdBlocker atau pemblokir iklan lainnya dapat mempengaruhi pendapatan pengembang aplikasi atau pemilik situs web.

Pastikan kamu menggunakan dengan bijak dan pertimbangkan untuk mendukung mereka dengan menonaktifkan pemblokir iklan pada situs web atau aplikasi yang kamu sukai.

Jangan lupa untuk memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan membaca ulasan dari pengguna sebelum mencobanya. Semoga artikel ini membantu kamu menghilangkan iklan di Android dan membuat pengalaman penggunaan ponsel kamu menjadi lebih nyaman.

Demikianlah cara mudah untuk menghilangkan iklan di Android. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sering terganggu dengan iklan yang muncul di perangkat Android Anda. Terima kasih telah membaca sampai akhir, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya di website kami. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke media sosial Anda jika dirasa bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih!

You May Also Like

Editor: Rizki
Hanya blogger biasa yang gemar main game dan bereksplorasi untuk hal-hal yang seru.